Sepenggal cerita, sedikit kisah, apa yang kulihat, yang semua tak terbendung hanya sampai di otak --- Selamat datang di blog pribadi Hendra Deni Saputra Naibaho

article terbaru

Senin, 19 Desember 2011

Refleksi Natal, GMKI UNIKA Gelar Longmarch Malam Hari [starberita.com]

Starberita - Medan, Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Komisariat Kampus Universitas Katolik (UNIKA) St Thomas melakukan aksi longmarch disepanjang Jalan Setia Budi Medan, Jumat malam (16/12) sekaitan dengan refleksi Natal.

Aksi longmarch mahasiswa GMKI Komisariat Kampus UNIKA dilakukan mulai dari Simpang Pemda menuju simpang Jalan Doktor Mansyur yang dipimpin oleh Roy Cardo Sitanggang selaku pimpinan aksi.


Dalam pernyataan sikapnya, Roy menjelaskan bahwa telah diperlihatkan kepada kita sebuah realitas miris yang diakibatkan kekerasan yang diperbuat oleh suatu golongan dalam menghalang-halangi orang lain untuk melakukan ibadah dan meyakini kepercayaan agamanya.

Hal ini, kata Roy Cardo, dapat dilihat dalam berbagai runtutan kejadian seperti penyerangan terhadap jemaat HKBP Pondok Timur Indah Bekasi, penikaman Pendeta HKBP di Bekasi hingga berujung pada penyegelan gereja yang penyelesaiannya belum jelas hingga sekarang.

Selain itu, sebut Roy, ada juga pembakaran Gereja Bethel Indonesia (GBI) di Galang, Sumatera Utara, pembakaran gereja di Pekan Baru dan berbagai pelanggaran-pelanggaran serta pembubaran secara paksa terhadap agama-agama tertentu diberbagai tempat di tanah air.

Oleh karena itu, tegas Roy Cardo, kami dari komunitas mahasiswa kristen merasa perlu memberikan pandangan untuk melihat berbagai peristiwa tersebut secara jernih.

"Melalui momentum refleksi Natal ini kami membawa sebuah harapan akan lahirnya kedamaian, keadilan dan kesejahteraan serta keutuhan ciptaan di bumi pertiwi Indonesia ini, karena jelas diketahui segala bentuk penghalangan, pelarangan, pembakaran rumah ibadah dan pembubaran secara paksa ibadah-ibadah agama manapun tidak diperkenankan," ujar Roy.

Karena dalam konstitusi UUD 1945 pasal 29 ayat 2, papar Roy, jelas telah dijamin kemerdekaan setiap individu dalam bentuk memeluk agama dan keyakinannya masing-masing.

Untuk itu, tegas Roy Cardo, GMKI Komisariat Kampus UNIKA menuntut dan menghimbau agar negara memberi jaminan keamanan terhadap setiap warga negara dalam menjalankan ibadahnya.

"Mengusut tuntas dan menindak tegas pelaku dan otak pelaku kekerasan terhadap jemaat-jemaat gereja dan jemaat agama manapun di berbagai tempat di tanah air yang dianiaya oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan agama tertentu," tegasnya.

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, himbau Roy, agar saling menghargai dan menghormati sesama meski dengan agama yang berbeda agar terjalin keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama. (HRK/YEZ)

0 komentar:

Posting Komentar

sponsor