Sepenggal cerita, sedikit kisah, apa yang kulihat, yang semua tak terbendung hanya sampai di otak --- Selamat datang di blog pribadi Hendra Deni Saputra Naibaho

article terbaru

Sabtu, 22 Oktober 2011

Gimana ya cara air aquarium kita tetap jernih???


Hai, teman-teman blogger.... 
Ini adalah posting pertamaku di blog ini. Kali ini aku mau membahas sedikit tentang aquarium. Belum lama ini aku mulai menyukai peliharaan air, di HADEESEN studio [kamar kost-ku] pun telah terpajang sebuah aquarium mini berisi ikan-ikan dan makhluk air lainnya [kura-kura].


Pertama kali aku mengurus aquariun ini aku sedikit kesal dan merepotkan. Apa lagi penyebabnya selain airnya yang mudah sekali keruh dan kotor. Kotoran-kotoran hewan di dalamnya dan sisa-sisa makanannya yang membuat keruh dan kotornya isi aquarium. Saat pertama kali memiliki aquarium ini aku hanya memakai satu buah mesin yang mengalirkan adara ke dalamnya/mesin gelembung. Mesin ini sangat penting untuk menjaga kandungan oxygen di dalam air. Tapi tak cukup mesin ini untuk menjaga kelangsungan hidup di biota air buatanku ini. Air keruh mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk di dalamnya, terbukti saat adanya ikan yang mati saat airnya sangat keruh. Setelah berkonsultasi dengan penjual aquarium ini, dia memberikan saran untuk memakai mesin pompa air dan filternya. 

Namun mesin inimengalami kendala jika aquariumnya berukuran kecil seperti punyaku ini. Hal ini dapat diakali dengan mengganti tempat filter airnya dengan wadah yang lebih kecil. Seperti di aquarium kepunyaanku, aku mengganti wadah filternya dengan potongan steroform/gabus yang sudah tak terpakai di kamarku. Hal ini berhasil, dan akhirnya aku dapat menikmati indahnya aquariumku yg jernih setiap harinya. Tapi perlu diingat, air aquarium walaupun jernih masih memerlukan penggantian juga, karena bisa dipastikan mungkin disana hidup bakteri-baktri merugikan untuk kesehatan makhluk di dlm aquarium.

Cara kedua untuk menjaga kejernihan air dalam aquarium adalah dengan memasukkan arang secukupnya ke dalam aquarium. Cara ini aku dapatkan dari hasil pencarianku di mbah Google. Caranya mudah, tingal siapkan sebuah/secukupnya arang, bersihkan secukupnya siapa tau ada debu yang menempel di arang itu. Lalu masukkan arangnya sesuai ukuran dari aquariumna. Sebenarnya cara yang satu ini belum pernah aku coba, tapi mungkin akan aku coba pada aquariumku.

Mungkin cukup disini saja pembahasan singkat kita tentang kejernihan air aquarium. Selamat mencoba, sampai jumpa di posting selanjutnya.

1 komentar:

pulsa elektrik murah mengatakan...

makasih gan

Posting Komentar

sponsor